Rabu, 22 Mei 2013

Yakin dan Tawakkal Hanya Kepada Allah Ta'ala


Dari Jabir ra., ia berkata: Aku berperang Nabi SAW menuju ke arah Najd. Tatkala Rasulullah kembali kami pun ikut kembali. Di suatu lembah yang banyak pohon berduri, kami merasa payah dan mengantuk, Rasulullah SAW pun turun dan berpencar untuk berteduh di bawah pohon, kemudian beliau menggantungkan pedangnya, sedangkan kami semua tertidur. Tiba-tiba Rasulullah SAW memanggil kami, sedangkan di dekat beliau ada seorang Badui, kemudian beliau bersabda: “Sesungguhnya orang ini telah menghunus pedangku sewaktu aku tertidur, setelah aku terbangun pedang itu sedang terhunus di tangannya.” Lalu orang ini berkata: “Siapakah yang dapat mencegah kamu dari seranganku?” Aku menjawab: “Allah” (tiga kali). Kemudian orang itu tidak melakukan apa-apa dan langsung duduk. (HR. Bukhari no.2910  dan Muslim no.843)

Dari Umar ra., ia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda:
“Andaikata kalian benar-benar bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan memberi kalian rezeki sebagaimana Dia memberi rezeki kepada burung, yaitu keluar dengan perut kosong di pagi hari dan kembali dengan perut kenyang di sore hari.” (HR. Tirmidzi no.2344)

Dari Umarah Al-Barra’ bin ‘Azib ra., ia berkata:
“Rasulullah SAW bersabda: ‘Hai Fulan apabila kau hendak tidur maka bacalah: ALLAHUMMA ASLAMTUNAFSIIILAIKAWAWAJJAHTUWAJHII ILAIKA WAFAWWADTU AMRII ILAIKA WA ALJATU DHAHRII ILAIKA RAGHBATAN WARAHBATAN ILAIKA LAA MALJA’A WALAA MANJAA MINKA ILLAA ILAIKA AAMANTU BIKITAABIKAL LADZII ANZALTA WA NABIYYIKAL LADZII ARSALTA.’” (Ya Allah, aku menyerahkan diri kepada-Mu. Aku hadapkan wajahku kehadirat-Mu. Aku menyerahkan segala urusanku kepada-Mu dan aku menyandarkan punggungku kepada-Mu karena mengharap dan taku kepada-Mu. Tidak ada tempat kembali dan tidak ada tempat berlindung kecuali hanya kepada-Mu. Aku percaya dengan sepenuh hati terhadap Kitab-Mu yang telah Engkau turunkan dan terhadap Nabi-Mu yang telah Engkau utus).
Dengan membaca doa ini, apabila kalian mati pada malam itu, maka matinya dalam keadaan bersih dari dosa, dan jika kamu masih hidup sampai pagi harinya maka engkau mendapat kebaikan. (HR. Bukhari no.7488 dan Muslim no.2710)
Dalam riwayat lain yang juga diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Al-Barra’, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda kepadaku: “Jika kamu hendak tidur maka berwudhulah terlebih dahulu sebagaimana kamu wudhu akan sholat, kemudian berbaringlah pada pinggangmu yang sebelah kanan lalu bacalah doa seperti tersebut di atas.” Ia meneruskan hadis itu seperti hadis di atas, kemudian beliau bersabda: “Dan jadikanlah doa sebagai akhir (penghabisan) dari apa yang kamu ucapkan.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar