Jumat, 24 Mei 2013

Hadis Tentang Istiqamah


Allah SWT berfirman, yang artinya:
“Maka tetaplah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu.” (Huud:112)

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: ‘Tuhan kami ialah Allah’ kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: ‘Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu.’ Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat; di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta. Sebagai hidangan (bagimu) dari Tuhan Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Fushshilat: 30-32)

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: ‘Tuhan kami ialah Allah’, kemudian mereka tetap istiqomah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita.” (Al-Ahqaf: 13-14)

Dari Abu ‘Amr, alias Abu Amrah Sufyan bin Abdullah ra., ia berkata: Aku berkata kepada Rasulullah SAW: “Wahai Rasulullah, ajarkanlah kepadaku suatu ucapan yang mengandung ajaran Islam dan aku tidak akan bisa menanyakan kepada orang selain engkau!” Beliau menjawab: “Katakanlah, aku beriman kepada Allah, kemudian berpegang teguhlah kamu dalam pendirian itu.” (HR. Muslim no.38)

Dari Abu Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah SAW bersabda: “Biasakanlah kalian mendekatkan diri kepada Allah dan berpegang teguhlah pada keyakinan kalian. Ketahuilah, tidak ada seorang pun di antara kalian yang selamat karena amal perbuatannya.” Para sahabat bertanya: “Tidak juga engkau wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “Tidak juga aku, kecuali jika Allah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya.” (HR. Bukhari no.5673 dan Muslim no.2816)

Muqorabah berarti tidak dilebih-lebihkan dan juga tidak dikurang-kurangi. Sadad adalah bersikap istiqomah. Para ulama berkata, makna istiqamah adalah konsisten dalam menjalani ketaatan kepada Allah. Kata ini merupakan kata yang memiliki banyak arti dari segala sesuatu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar