Rabu, 15 Mei 2013

Yakin dan Tawakkal - Allah cukup menjadi Penolong bagi kami...


Dari Ibnu Abbas ra., ia berkata:
“Sesungguhnya Rasulullah SAW berdoa: ‘ALLAHUMMA LAKA ASLAMTU WABIKA AAMANTU WA’ALAIKA TAWAKKALTU WA ILAIKA ANABTU WABIKA KHAASHAMTU ALLAHUMMA A’UUDZUBI’IZZATIKA LAA ILAAHA ILLAA ANTA ANTUDHILLANI ANTAL HAYYUL LADZII LAA YAMUUTU WAL JINNU WAL INSU YAMUUTUUNA.’ (Ya Allah, hanya kepada-Mu aku percaya sepenuh hati, dan hanya kepada Engaku-lah aku kembali dan untuk-Mu lah aku berjuang. Ya Allah, aku berlindung dengan kemuliaan-Mu yang tiada Tuhan selain Engkau dan aku mohon agar Engkau tidak menyesatkan diriku. Engkau adalah Zat Yang Hidup yang tidak akan pernah mati, sedangkan jin dan manusia semuanya akan mati.).” (HR. Bukhari no.7383 dan Muslim no.2717)

Dari Ibnu Abbas ra., ia berkata:
HASBUNALLAH WANIKMAL WAKIL, kalimat ini pernah dibaca oleh Nabi Ibrahim as. Ketika beliau dilemparkan ke dalam api, dan juga dibaca oleh Nabi Muhammad SAW ketika orang-orang kafir mengatakan: “Sesungguhnya orang-orang Quraisy telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kalian. Oleh karena itu, takutlah kalian kepada mereka.” Akan tetapi perkataan itu malah menambah keimanan mereka serta mereka mengucapkan “HASBUNALLAHU WANIKMAL WAKIIL.” (HR. Bukhari no.4563) Pada riwayat Bukhari yang lain, bahwa Ibnu Abbas ra., berkata: “Kalimat terakhir yang diucapkan Nabi Ibrahim ketika dilemparkan ke dalam api adalah ‘HASBUNALLAHU WANIKMAL WAKIIL’ (Allah cukup menjadi Penolong bagi kami, Allah adalah sebaik-baik pelindung).”

Dari Abu Hurairah ra., dari Nabi SAW, beliau bersabda: “Akan masuk surga orang-orang yang mempunyai hati berpendirian seperti pendirian burung.” (HR. Muslim no. 2840)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar