Jumat, 24 Mei 2013

Hadis Tentang Yakin dan Tawakkal


Dari Abu Bakar Ash-Shidiq ra., Abdullah bin utsman bin Amir bin ‘Amr bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taim bin Murrah bin Ka’ab bin Luay bin Ghalib Al-Quraisy At-Taimiy ra., ia, ayah dan ibunya termasuk sahabat Nabi, ia berkata:
“Tatkala kami berada di gua Tsur, aku melihat kaki-kai orang musyrik berada di atas kepala kami, kemudian aku berkata: ‘Wahai Rasulullah, seandainya salah seorang diantara mereka melihat ke bawah telapak kakinya dia pasti akan melihat kita.’ Beliau menjawab: ‘Wahai Abu Bakar, apakah yang kamu cemaskan terhadap dua orang sedangkan Allah ketiganya?’” (HR. Bukhari no.3653 dan Muslim no.2381)

Dari Ummul Mukminin Ummu Salamah, nama sebenarnya adalah Hindun binti  Abu Umayyah Hudzaifah Al-Makhzumiyah ra., ia berkata: Sesungguhnya Nabi SAW jika keluar dari rumahnya, beliau berdoa: “BISMILLAAHI TAWAKKALTU ‘ALALLAAH. ALLAHUMMA INNI A’UUDZU BIKA ‘AN ADHILLA AU UDHALLA WA ‘AZILLA AU UZALLA AU ADZLIMA AU AUDZLAMA AU AJHALA AU YUJHALA ‘ALAYYA. (Dengan menyebut nama Allah aku bertawakkal kepada Allah. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung diri kepada-Mu dari sesuatu yang menyesatkan, dari sesuatu yang menggelincirkan atau digelincirkan dari sesuatu yang menganiaya atau teraniaya, atau dari sesuatu yang membodohkan atau diperbodohkan.)” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi dan yang lain dengan sanad yang sahih)

Dari Anas ra., ia berkata:
Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang keluar dari rumahnya membaca: BISMILLAHI TAWAKKALTU ‘ALALLAAHI WALAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAH (Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah), maka dikatakan kepadanya: ‘Kamu telah mendapat petunjuk, kamu telah dijamin, kamu dipelihara dan dijauhkan dari setan’.” (HR. Abu Daud no.5095 dan Tirmidzi no.3426, Nasa’i dan yang lain)

Dari Anas ra., ia berkata:
Di masa Nabi SAW ada dua orang yang bersaudara, yang satu suka datang kepada Nabi SAW dan yang lain rajin berusaha. Kemudian orang yang rajin mengadu kepada Nabi SAW tentang keadaan saudaranya itu, lantas beliau bersabda: “Barangkali kamu mendapatkan rezeki karena saudaramu.” (HR. Tirmidzi no.2345)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar