Senin, 06 Mei 2013

Muroqobah - Perbedaan Orang yang Cerdik dan Orang yang Kerdil menurut Rasulullah SAW


Dari Abu Dzar bin Jundah dan Abu Abdurrahman Muadz bin Jabal ra., dari Rasulullah SAW, beliau bersabda:
“Bertakwalah kepada Allah dimana saja kamu berada. Tutuplah kejelekan itu dengan amal kebaikan, niscaya kebaikan tadi akan menghapus kejelekan dan gaulilah manusia dengan akhlak yang baik.” (HR. Tirmidzi no.1987)

Dari Ibnu Abbas ra., ia berkata: Pada suatu ketika aku berada di belakang Nabi SAW, kemudian beliau bersabda:
“Hai anak kecil, aku akan mengajarkan kepadamu beberapa kalimat, yaitu: Jagalah (perintah) Allah, niscaya ia akan menjaga dirimu. Jagalah (larangan) Allah niscaya kamu dapati Allah selalu dihadapanmu. Jika kamu minta pertolongan maka mintalah pertolongan kepada Allah. Dan ketahuilah, jika umat manusia bersatu untuk memberikan manfaat (kebaikan) kepadamu niscaya mereka tidak akan dapat melakukan hal itu kepadamu kecuali dengan sesuatu yang telah ditentukan Allah kepadamu. Dan jika mereka bersatu hendak mencelakakan dirimu, niscaya mereka tidak akan dapat mencelakakanmu kecuali dengan sesuatu yang ditentukan Allah padamu. Telah diangkat pena dan telah keringlah (tinta) lembaran-lembaran itu.” (HR. Tirmidzi no.2516)
Dalam riwayat selain Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda: “Peliharalah (perintah) Allah niscaya kamu akan menemui-Nya di hadapanmu. Hendaklah kamu mengingat Allah di waktu lapang (senang), niscaya Allah akan mengingatmu di waktu susahmu. Ketahuilah, sesungguhnya sesuatu yang seharusnya luput mengenaimu, tentulah sesuatu itu tidak akan mengenaimu. Ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu disertai kesabaran, kesenangan itu ada kesudahan dan sesudah kesulitan pasti ada kemudahan.”

Dari Anas ra., ia berkata:
“Sesungguhnya kalian sekarang melakukan perbuatan-perbuatan yang sangat mudah, padahal pada masa Rasulullah SAW perbuatan-perbuatan semacam itu kami anggap termasuk hal-hal yang merusak agama.” (HR. Bukhari no. 6492)

Dari Abu Hurairah ra., dari Nabi SAW, beliau bersabda:
“Sesungguhnya Allah Ta’ala itu cemburu; dan cemburunya Allah Ta’ala yaitu, apabila ada seseorang yang melakukan perbuatan-perbuatan yang diharamkan-Nya.” (HR. Bukhari no.5223 dan Muslim no.2761)

Dari Abu Ya’la Syaddad bin Aus ra., dari Nabi SAW, beliau bersabda:
Orang yang cerdik adalah orang yang selalu menjaga dirinya dan beramal untuk bekal sesudah mati. Sedangkan orang yang kerdil yaitu orang yang hanya mengikuti hawa nafsunya namun ia mengharapkan berbagai harapan kepada Allah.” (HR. Tirmidzi no.2459)

Dari Abu Hurairah ra., ia berkata: Rasulullah SAW bersabda:
“Termasuk kesempurnaan Islam seseorang, apabila ia meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat bagi dirinya.” (HR. Tirmidzi no.2317, Ahmad no.1734)

Dari Umar ra. Dari Nabi SAW, beliau bersabda:
“Seorang suami tidak akan ditanya mengapa ia memukuli isterinya.” (HR. Abu Daud no.2147, Ibnu Majah no.1986)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar